<< ASSALAAMU'ALAIKUM WAROHMATULLOOHI WABAROKAATUH >> << SELAMAT DATANG DI BLOG KAMPUS SMP PASUNDAN 1 BANJARAN >>

Selasa, 06 Juli 2021

KARYA ILMIAH, KARYA INOVATIF DAN LAIN-LAIN

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Artikel

PTK

“Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi “(Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa Kelas VII-A SMP Pasundan 1 Banjaran Tahun Pelajaran 2019/ 2020). Penulis Eka Oktavianti, S.Pd. Dapat dilihat DI SINI

Artikel

  • “Fitur Assignments  Solusi Tepat Untuk Pengumpulan Tugas Siswa Di Masa Pandemi Covid-19”. Penulis Eka Oktavianti, S.Pd. Dapat dilihat DI SINI
  •  “Solusi Sukses  Pembelajarran Jarak Jauh (PJJ)”. Penulis Eka Oktavianti, S.Pd. dapat dilihat DI SINI

Karya Inovatif (Eka Oktavianti, S.Pd)

  • Video praktik pembelajaran di youtube dapat diakses pada laman youtube

  1. Video ke- 1 KLIK DI SINI
  2. Video ke- 2 KLIK DI SINI
  3. Video ke- 3 KLIK DI SINI

  • LKPD untuk SMP kelas IX dengan materi teks pidato persuasif dan materi teks cerita inspiratif (KLIK DI SINI)
  • Modul materi ajar untuk SMP kelas IX  dengan materi teks pidato persuasif (KLIK DI SINI)
  • Naskah  drama yang berjudul “Sakral” ; 23 halaman dengan durasi 60 menit (belum dipentaskan) (KLIK DI SINI)
  • PPT untuk media pembelajaran dapat digunakan oleh siapa saja guru bahasa Indonesia kelas IX  materi tentang teks pidato persuasif dan teks cerita inspiratif
  1. PPT ke-1 KLIK DI SINI
  2. PPT ke-2 KLIK DI SINI
  3. PPT ke-3 KLIK DI SINI

Modul Pembelajaran B. Indonesia Kelas 7 KLIK DI SINI

Kumpulan Cerpen Tim Guru Inovatif  KLIK DI SINI


DAFTAR NILAI PESERTA DIDIK 2020-2021

MINGGU EFEKTIF DAN KALENDER PENDIDIKAN 2020-2021

PENYEDERHANAAN KI DAN KD MASA DARURAT COVID-19 :

KELAS 7

KELAS 8

KELAS 9

PROTA, PROMES, SILABUS DAN RPP 1 LEMBAR





5 komentar:

  1. Bu Eka telah berhasil menerapkan
    pendekatan yang beragam sehingga mampu
    menggembangkan kemampuan siswa secara
    menyeluruh.
    Dukungan pihak yang
    terkait sangat dibutuhkan dalam hal
    pengembangan pembelajaran kontekstual di
    sekolah, salah satunya dengan disediakannya
    sarana dan prasarana yang menunjang
    kegiatan belajar mengajar.
    Bu Eka bisa dijadikan inspirasi oleh peneliti lain,
    untuk melanjutkan penelitian secara
    mendalam terutama berkenaan dengan
    kemampuan menulis laporan pengamatan.
    Sebagaimana di cantumkan dalam saran yang beliau tulis bahwa perlu diteruskan kolaborasi antara guru dengan guru lainnya atau dengan dalam
    pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dalam rangka memperbaiki mutu pendidikan
    di sekolah.
    Pendekatan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia berbasis Contextual Teaching
    and Learning (CTL) perlu diterapkan oleh guru Bahasa Indonesia di kelas, bahkan
    pada mata-mata pelajaran lain.

    Mengomentari artikel yang di buatnya, saya setuju dengan menggunakan Google Classroom,
    siswa terbantu untuk menemukan atau mengatasi kesulitan pembelajaran, membagikan pelajaran dan membuat tugas tanpa harus hadir ke kelas. Guru juga bisa terus memantau hal yang perlu dilakukan, melihat nilai dengan mudah, dan menilai tugas kapan pun ada waktu luang, tanpa harus membawa tumpukan kertas ke mana-mana. Classroom membuat proses ini jadi sangat mudah dan nyaman.
    Saya sependapat dengan antusiasme beliau bahwa kita harus tetap optimis, wabah virus covid–19 ini pasti segera berakhir, semua akan kembali beraktifitas
    dengan normal serta optimis dunia pendidikan Indonesia akan terus maju dan berprestasi
    melahirkan siswa-siswa unggul, berakhlak mulia, dan berkarakter.

    BalasHapus