Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Artikel
PTK
“Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi “(Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa Kelas VII-A SMP Pasundan 1 Banjaran Tahun Pelajaran 2019/ 2020). Penulis Eka Oktavianti, S.Pd. Dapat dilihat DI SINI
Artikel
- “Fitur Assignments Solusi Tepat Untuk Pengumpulan Tugas Siswa Di Masa Pandemi Covid-19”. Penulis Eka Oktavianti, S.Pd. Dapat dilihat DI SINI
- “Solusi Sukses Pembelajarran Jarak Jauh (PJJ)”. Penulis Eka Oktavianti, S.Pd. dapat dilihat DI SINI
Karya Inovatif (Eka Oktavianti, S.Pd)
- Video praktik pembelajaran di youtube dapat diakses pada laman youtube
- Video ke- 1 KLIK DI SINI
- Video ke- 2 KLIK DI SINI
- Video ke- 3 KLIK DI SINI
- LKPD untuk SMP kelas IX dengan materi teks pidato persuasif dan materi teks cerita inspiratif (KLIK DI SINI)
- Modul materi ajar untuk SMP kelas IX dengan materi teks pidato persuasif (KLIK DI SINI)
- Naskah drama yang berjudul “Sakral” ; 23 halaman dengan durasi 60 menit (belum dipentaskan) (KLIK DI SINI)
- PPT untuk media pembelajaran dapat digunakan oleh siapa saja guru bahasa Indonesia kelas IX materi tentang teks pidato persuasif dan teks cerita inspiratif
- PPT ke-1 KLIK DI SINI
- PPT ke-2 KLIK DI SINI
- PPT ke-3 KLIK DI SINI
Modul Pembelajaran B. Indonesia Kelas 7 KLIK DI SINI
Kumpulan Cerpen Tim Guru Inovatif KLIK DI SINI
DAFTAR NILAI PESERTA DIDIK 2020-2021
MINGGU EFEKTIF DAN KALENDER PENDIDIKAN 2020-2021
PENYEDERHANAAN KI DAN KD MASA DARURAT COVID-19 :
- KELAS 7
- KELAS 8
- KELAS 9
PROTA, PROMES, SILABUS DAN RPP 1 LEMBAR
KARYA IBU EKA BAGUS
BalasHapusHebat bu EKA Lanjutkan
BalasHapusBerkarya terus bu
BalasHapusBu Eka telah berhasil menerapkan
BalasHapuspendekatan yang beragam sehingga mampu
menggembangkan kemampuan siswa secara
menyeluruh.
Dukungan pihak yang
terkait sangat dibutuhkan dalam hal
pengembangan pembelajaran kontekstual di
sekolah, salah satunya dengan disediakannya
sarana dan prasarana yang menunjang
kegiatan belajar mengajar.
Bu Eka bisa dijadikan inspirasi oleh peneliti lain,
untuk melanjutkan penelitian secara
mendalam terutama berkenaan dengan
kemampuan menulis laporan pengamatan.
Sebagaimana di cantumkan dalam saran yang beliau tulis bahwa perlu diteruskan kolaborasi antara guru dengan guru lainnya atau dengan dalam
pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dalam rangka memperbaiki mutu pendidikan
di sekolah.
Pendekatan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia berbasis Contextual Teaching
and Learning (CTL) perlu diterapkan oleh guru Bahasa Indonesia di kelas, bahkan
pada mata-mata pelajaran lain.
Mengomentari artikel yang di buatnya, saya setuju dengan menggunakan Google Classroom,
siswa terbantu untuk menemukan atau mengatasi kesulitan pembelajaran, membagikan pelajaran dan membuat tugas tanpa harus hadir ke kelas. Guru juga bisa terus memantau hal yang perlu dilakukan, melihat nilai dengan mudah, dan menilai tugas kapan pun ada waktu luang, tanpa harus membawa tumpukan kertas ke mana-mana. Classroom membuat proses ini jadi sangat mudah dan nyaman.
Saya sependapat dengan antusiasme beliau bahwa kita harus tetap optimis, wabah virus covid–19 ini pasti segera berakhir, semua akan kembali beraktifitas
dengan normal serta optimis dunia pendidikan Indonesia akan terus maju dan berprestasi
melahirkan siswa-siswa unggul, berakhlak mulia, dan berkarakter.
Hasilnya bermanfaat Bu Eka!
BalasHapus